Belajar Bahasa dengan Mobile App!

12795317_469989799868727_4106356544148203033_nBelajar sambil main hape, kenapa nggak?

Inilah salah satu kegiatan yang digagas Claudia Rosenhan, salah satu Board Director di MSc Teaching English to Speakers of Other Languages di University of Edinburgh, Skotlandia, Inggris. Terinspirasi dari semakin eratnya kehidupan para mahasiswa dengan smartphone, digagaslah Innovative Learning Week (ILW) berbasis mobile apps. Dalam kegiatan yang diadakan pada Jumat, 12 Februari 2016, tiga tim yang terdiari dari 7 mahasiswa memaparkan prosedur singkat bagaimana mengaplikasikan tiga mobile apps untuk kegiatan pembelajaran. Tiga aplikasi ini adalah; Pinterest, Instagram, dan Tumblr. Meskipun tiga platform populer ini menyasar konsumen dengan personal interest, ternyata aplikasi-aplikasi ini juga bisa dijadikan media pembelajaran, lho! Simak ulasannya berikut ini:

  1. Pinterest

Aplikasi ini terkenal dengan koleksi-koleksi gambar High Quality. Berbeda dengan google, yang meskipun mengkategorikan gambar berdasarkan klasifikasi tertentu, seringkali pengguna mendapatkan gambar yang sama sekali berbeda dengan key word yang dicari. Di Pinterest, semua gambar dikategorikan dalam keyword yang cukup mudah. Dengan ribuan gambar dan ilustrasi, pengguna bisa mendapatkan beragam ide dan inspirasi dengan satu kali klik; pin it!

Mengaplikasikan Pinterest dalam pembelajaran bukanlah hal yang mustahil, mengingat saat ini banyak sekali sekolah yang menggunakan Tablet sebagai media belajar. Dengan mengunduh Pinterset dan mendaftar akun, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh guru dan siswa dalam kelas:

  1. Kelas Cerita dan menulis

Siswa bekerja berpasangan, dan mencari masing-masing lima gambar. Selanjutnya, siswa diminta untuk mengarang cerita sesuai dengan 10 gambar yang terkumpul. Misalnya, dengan tema apa yang kamu lakukan jika memenangkan lotre 1 miliar dolar; siswa bisa mengumpulkan beragam gambar tempat wisata yang ingin mereka kunjungi, juga benda-benda yang ingin mereka beli, untuk kemudian didiskusikan dengan partner dan dipresentasikan didepan kelas dalam bentu k report singkat. Ini juga bisa diaplikasikan dalam kelas menulis, dimana siswa menuliskan apa yang telah mereka presentasikan dalam bentuk cerita pendek.

  1. Rumah ide

Bosan dengan textbook yang isinya itu-itu saja? Pinterest bisa jadi solusinya! Para guru bisa menggunakan Pinterset sebagai ‘gudang’ ide. Banyak sekali guru dan seniman yang bergabung dalam Pinterest. Misalnya, untuk tema puisi, guru bisa menemukan beragam puisi lengkap dengan ilustrasi yang cantik, untuk kemudian dikategorikan dalam satu Board di akun Pinterest. Tak perlu lagi mendownload tiap gambar, karena dengan Board yang dimiliki, guru bisa mengunduh gmabar kapan saja.

  1. Instagram

Instagram memiliki dua opsi, memotret gambar atau merekam video singkat. Aplikasi ini rupanya ampuh untuk pembelajaran  bahasa dalam waktu singkat. Misalkan, dengan mengeja beberapa ekspresi dan kalimat dalam bahasa asing, siswa bisa merekam video singkat tentang percakapan yang dipelajari. Selain menarik, kegiatan ini juga mengasyikkan dan menyenangkan, karena siswa bisa mempelajari bahasa asing sekaligus mengevaluasi pengucapanannya dalam video yang terekam.

  1. Tumblr

Tumblr sekilas mirip dnegan Blog, dengan tampilan yang jauh lebih simple dan menarik. uniknya, Tumblr bisa menampilkan ‘repost’ dimaa para penulis bisa berkolaborasi, atau saling mengomentari satu sama lain. dengan aplikasi ini, para siswa bisa berkolaborasi menulis cerita secara parallel. Satu siswa bisa memulai cerita dengan satu plot, untuk kemudian dilanjutkan oleh siswa yang lain.

Saatnya para edukator melirik fungsi kreatif mobile apps, dan mengaplikasikan pembelajaran via internet dalam kelas. Siswa bisa belajar dengan smartphone atau tablet yang mereka miliki. Dengan mengetahui trik-trik belajar bahsa melalui mobile apps inilah, siswa dan guru bisa menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan smartphone dan tablet untuk pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s