Sometimes, You Just Need to Do It

Saya adalah satu dari sekian juta orang yang perfeksionis. Herannya, saya benar-benar pemalas, dan penyakit ini makin hari makin menjadi. Saya enggan diskusi jika tak mampu menguasai setidaknya 80% materi, namun saya selalu kehabisan waktu karena keasyikan nonton Drama, keasyikan facebook dan banyak sosial media lainnya. Maka, saya pun mempertanyakan pilihan saya; menjadi perfeksionis atau menjadi malas, dan jawabannya: Just do it, Fida. Bukan jadi perfeksionis, dan bukan pula jadi pemalas, untuk pertama kalinya dalam hidup saya memutuskan untuk “menjadi biasa saja”, mengambil jalan tengah.

CIMG5099

Saya menyerah. Saya hanya akan melakukan sebaik yang saya bisa tanpa harus sempurna, karena sempurna itu berat, dan sering membuat saya sakit hati atau kecewa. Maka saya putuskan untuk melakukannya sebisa saya. Saya tidak perlu jadi yang terbaik, tak perlu jadi yang pertama, saya hanya akan jadi mereka yang mengerjakan sebisanya.

Mengapa saya memutuskan untuk melakukan sebisanya saja dan tidak jadi saya yang dulu, “yang harus serba luar biasa dan sempurna”? Karena bisa menikmati pekerjaan dan waktu itu sesuatu yang mahal. Dengan melakukan sebisanya, saya akan menikmati apa yang saya lakukan, dan tentu saja menghabiskan waktu dengan bahagia. Akankah saya menyesal? Mungkin, tapi kebahagiaan saya detik ini, menit ini, dan hari ini, saya yakin sebanding dengan harga yang harus saya bayar di masa depan.

Saat ini, dengan tumpukan buku, dan waktu saya yang terbatas, saya merasa cukup bahagia berhasil keluar dari kandang “perfeksinisme” saya di masa lalu. Saya lebih takut stres dan sedih, dibanding dapat nilai jelek. Mungkin ini yang disebut dewasa; tidak lagi bernafsu jadi nomer satu.

4 thoughts on “Sometimes, You Just Need to Do It

  1. hai.. kalo mau bincang2 (?) ttg dunia pendidikan ato sedikit curhat ttg pengalaman idup sama kk boleh gak? ? kk ada line ato bbm?

Leave a Reply

