Trik Nulis Ff (2)

Kali ini kita bakalan belajar tntang: CREATING IDEA… alias mbikin ide yg segar untk FF,
Sebelumnya admin eunjo ingin WARNING bhw apa yg bakalaan admin eunjo share tdk ada niatan untk nge-bash siapapun.. ini murni untk pmbelajaran… tdk sdang menyindir siapapun..
Karena FF romance sring didominasi cerita ‘Dijodohkan’, sebaiknya hindari alasan ini untk bikin FF, krn apa? Well.. sdh banyak yg pake alasan ini.. kalau untk mncari moment agar tiap Cast sring Interaksi, cobalah cari alasan lain selain dijodohkan, misalnya: temen sekelas, tetanggaan, satu perusahaan, sring ktemu pas buang sampah didpn rumah, atw alasan2 lbih aneh lainnya… ingat dlm Fiksi semuanya mgkin2 saja…
Msih inget kn pengakuan Kyuhyun bhw dy pnah jatuh cinta pd pndangan pertama saat ketemu pegawai RS tempat dy dirawat, menarik bukan? pdhal ini bkn Fiksi, ini nyata, it artinya buat FF yg km tulis jauh lbih heboh dr dunia nyata…
Misalnya:
Ada seorg cew yg mnbrak pohon pas lthn naik speda, keesokan harix phon yg dy tabrak ambruk menimpa cow yg tngah baca dibawahx, si cew yg dtang keesokan harix tw bhw phon yg dy tbrak sdh ambruk dn dy brinisiatif nanam phon bru tnp tahu bhw pohon yg kmren melukai org lain, pas si cow smbuh dy kget krn udh ada phon baru dn ktemulah dy dgn cew tsb…
Si cow jengkel stengah mati ma si cew pas tw kalo gr2 cew it nabrak phon it, phon it jd rapuh dn menimpa kepalanya, tp pas tw alasan si cew nanam phon baru, si cow jd tertarik: ‘ada org yg akan merindukan phon ini, aku hnya brusaha membuatx tdk kcewa mlihat phon ini sdh ambruk, jd aku gnti dg yg baru’. si cow jd punya alsn untk tw gadis it lbh dlm, INI CUMA CONTOH YA SODARA2… HEHHEHE
Si cowk pun jd sring adu mulut ma si cew tsb: di sisi lain dy jengkel, tp dy jg salut. tnpa mereka sadari, mreka jd lbh rajin mengunjungi phon tsb, dn kmudian ‘ada rasa yang tak biasa’*ala acha septriasa…. hoahahahha… gr2 sering ketemu tsb…
Kalo km memmilih ide crita yg aneh, km btuh perjuangan berat untk membuat narasi yg masuk akal, jd… buat ide ceritamu unik dan tdk trlalu aneh agar km g terkendala pas nulisnya… ini sdh dialami oleh admin sndiri pas nulis ‘This Boy and My Nightmare’ dmana akibat ceritanya sngat aneh: FFnya jd sering ngadat…(kekekke.. Mianhae..)
Ini adalah LIST tema FF yg sebaiknya kamu hindari:

1. DIJODOHKAN
2. GANTI RUGI LALU JADI PEMBANTU
3. CARI PASANGAN DLAM WAKTU SATU BULAN DLL
4. GAK SENGAJA NABRAK TRUS KENALAN DAN JATUH CINTA
sekali lagi, admin eunjo g sedang nge-bash FF manapun… ini mrni bwt belajar..

Next: Comedy! Hohohoho… Untk Comedy, km bisa lebih bebas berexpresi, krn ‘masuk akal’ tdk terlalu diperhatikan pembaca. Selain ide crita yg aneh, comedy membutuhkan kosa kata yg aneh pula agar kesan ‘komedi’nya terasa… Dibanding genre laen sbnernya Comedy adl genre yg agak sulit: knp?
Ingat, Comedy harus fresh agar bikin org ketawa… dan disinilah letak sulitnya. mncari ide cerita dan dialog Humor yg Fresh dan lucu. jadi, untk FF Comedy, kata kuncinya satu: harus FRESH… coba simak:
Aku melirik kesebelah kananku. Tembok. Bagus, aku hampir lupa kalau aku duduk disudut.Sekarang aku melirik kekiri, KiHyun. Ok, aku juga hampir lupa kalau kihyun duduk disebelahku. Aku memutar kepalaku kekanan lagi.“Baiklah tembok, aku percaya kau dan aku bisa jadi patner yang baik. Mari kerjakan soalnya bersama-sama.” Kataku dengan suara lantang. Sengaja sekali agar didengar kihyun. Ini semua karna aku sudah kelewat kesal dengan sikapnya akhir-akhir ini.
Next: FF Mistery. Kalo FF Comedy dan Romance bisa saja punya inti ide crita yg sama dgn FF lain, maka FF Mistery tdk punya plihan selain harus benar2 IDE BARU. krn dy mistery, kesamaan crita akn menyebabkan pmbaca mampu menebak ending, dan jengjenjeng.. menjengkelkan sekali kan kalo Misterinya sdh tertebak pembaca, jd bikinlah ide crita yg bener2 Baru untk FF Mistery, perhatikan:
Menjadi seorang yang amnesia adalah titik terendah dari seorang manusia, aku menyimpulkan.Bagaimana manusia bisa hidup jika ia tidak memiliki kenangan apapun? Aku adalah seorang anak yang diculik lebih dari 10 tahun. Itulah yang polisi katakana padaku setelah aku terbangun di Rumah Sakit 3 hari kemudian dan melupakan semuanya. Dokter bilang aku terkena tekanan jiwa yang sangat tinggi dan hal itu yang menyebabkan aku akan amnesia temporer selama 3 bulan.(Nayoung Lee: Abducted)
FF misteri hanya mengungkap sinyal dan tanda2 rahasia di Part2 awal dan menyimpan inti cerita di akhir part. smakin pembaca menebak banyak kemungkinan, smkin misteriuslah ending cerita. jadi, berikan sinyal dan tanda2 secukupnya agar kemisteriusan cerita trjaga smpai part akhir
Emhh.. selanjutnya: FF Adventure.. Untk FF Adventure, akan lebih baik lo misalnya kita bikin dunia baru, cntoh: JK Rowling dgn dunia Harry Potternya, atw Narnia dgn dunia Narnianya, kalo kita bikin dunia baru, kita akan lebih bebas menciptakan adegan2 menantang dan karakterisasi tokoh jg akan lebih luas…
Konsekuensinya: dgn Dunia Baru, akan butuh banyak sekali penjelasan tntang ini-itu di dunia baru FF kita.. disinilah kita harus pandai memaparkan Narasi, karenanya, sbelum bikin FF adventure, akan lebih baik kalo km bikin FF dgn genre lbh mudah dlu, misalnya romance.. agar kemampuan narasinya terlatih dulu..
Coba simak:Jo Kyuhyun.Itu hanyalah sebuah identitas palsu untuk menutupi diriku.. Untuk seorang Dyfed, sepertiku. Itu hanya sebuah kebohongan kecil dari mahluk-mahluk berlumur dosa sepertiku. Bagi kami kebohongan seperti bukanlah hal yang sulit. Segalanya terasa mudah jika kau terlahir kembali sebagai mahluk yang memiliki bakat untuk menjadi sempurna.(Angel Hranitel: Lucas Delacroix)
Perhatikan diksi/kosa kata yg dipakai author untk mnjelaskan Konsep dunia yg dialami Cast-nya. Yups… FF Adventure menuntut kita menulis dgn bahasa Indonesia kaku, jadi hindari memakai bahasa gaul dlm FF Adventure, krn itu Mengurangi Feel ‘petualangannyya’.
Satu lagi yg mesti diperhatikan juga sblm nulis FF Adventure: Bikinlah dunia yg benar2 baru… jgn gunakan Konsep Dunia baru yg sdh dipakai author lain: misalnya: tema dunia Vampir, karena Konsep sprt ini sdh dipakai berpuluh author lain….Ciptakan dunia yg benar2 baru, misalnya:
Kerajaan Langit: Langit pertama, langit kedua, ketiga, hingga langit ketujuh. Tiap langit mempunyai otoritas istimewa untk membuat perubahan di bumi. Tiap lapisan langit mempunyai Raja dan keturunan, juga bala tentara malaikat. Langit mempunyai musuh utama: Kerajaan Awan Hitam. Kamu bisa bkin banyak hal baru: misalnya permainan para pangeran berupa Sepak Komet yg mengadopsi teknik Sepak Bola dll..
Next: FF Family: Ini genre yg mungkin g terlalu bnyak peminatnya dn tantangannya lumayan besar, untk membuat FF Family, hal yg paling penting adlh Karakterisasi Tokoh: artinya: Karakter Cast harus bner2 kuat agar FF tdk jd membosankan,
Yg perlu diperhatikan juga adlh: Konflik tiap Cast yg punya khidupan masing2 selain di keluarganya. Buat konflik diluar urusankeluarga, namun tetap saja, fokus utama cerita adlh mengenai kasih sayang keluarga, Yups… kdang genre ini memang sdikit membosankan, ini bisa diakali dgn Narasi yg unik dan penokohan yg seru.
Selanjutnya, kita akan membahas mengenai POV. Enaknya pake POV Dia atau Aku?
Sistem POV yg paling sering dipakai adalah POV dari Cast alias Kata ganti pertama (Aku): Kelebihan dari penggunaan sistem POV ini cukup menggiurkan: 1. Feel-nya lebih terasa, karena berdceita dgn kata ganti aku membuat pembaca menjelmakan dirinya sbg Cast dan efek positifnya adalah kita bisa lebih lebay dalam mengekspos emosi tokoh ‘Aku’
2. Narasi lebih bebas dan lebih puas. kita bisa memasukkan kata-kata makian dan pujian yang lebih beragam dan sah-sah saja sekalipun kata-katanya tidak baku, misalkan: ‘Ganteng kepalamu?’, ‘Oh Tuhan, sembelih saja bocah jelek ini’. Stok Narasi menjadi lebih bervariasi dan lebih enerjik.
3. Selain itu, POV ‘Aku’ juga lebih efektif mengaduk-aduk emosi pembaca daripada POV ‘Dia’. Kenapa bisa begitu? Karena kata ganti ‘Dia’ lebih memposisikan pembaca sebagai penonton, sementara ‘Aku’ memposisikan pembaca sebagai ‘Pelaku’.
Bagaimana dengan kekurangannya? Hmmm tentu saja ada. POV ‘Aku’ menawarkan kesulitan lebih tinggi dalam mendeskripsikan peristiwa daripada menggunakan POV ‘Dia’. POV ‘Aku’ seringkali menjadikan Deskripsi peristiwa lebih kaku. Coba lihat:
Berkali-kali aku mengoleskan lotion ke wajahku. Salju membuat kulitku kering. Aku melirik Alia disebelahku. Kulirik hidungnya yang memerah karena flu sejak kemarin. Aku menghela nafas dan mulai menyesali keputusan bodohku utuk datang kesini.(Ngarang)
Kenapa bisa kaku? Karena POV ‘Aku’ hanya menawarkan dua perubahan: Aku dan Ku, sementara POV ‘Dia’ lebih banyak pilihannya: misalnya nama asli si Cast, julukan si Cast, Dia, dan Ia. Perubahan2 ini menyebabkan Narasi nyaman dibaca. setujukah kalian kalau saya bilang Narasi yg dipenuhi dgn pengulangan kata itu membosankan?
coba lihat:Kyuhyun meneriakiku dari kasurnya. Dia itu masih sakit dan menggelepar di atas tempat tidurnya. Lagaknya sekarang sudah seperti majikan, sementara aku jadi sapinya. Ia terpaksa tidak ikut syuting ‘Krezy Trip’ dan terjebak di kamar ini bersamaku. Setan menyebalkan itu juga dengan seenak jidatnya menyruhku menggaruk punggungnya.(HOG 4: Haidar Fikri)
Di contoh kedua ada empat kata ganti yg digunakan didalamnya: Kyuhyun, Dia, Ia, Setan menyebalkan. sementara di contoh pertama, kita hanya bisa memakai dua kata ganti: Aku dan Ku. Ini sebabnya pendeskripsian peristiwa lebih enak memakai POV ‘Dia’.

Ne, sampai disini dulu yhak… secepatnya akan diPost lagi Triknya, Hwaiting buat seluruh Author SCF!

3 thoughts on “Trik Nulis Ff (2)

  1. bener jugak…
    basi banget ngeliat ff yang kaya gitu…
    kalo bisasih bikin cerita ff laen daripada yang laen biar blog jadi terkenal…
    #hehheheheh

    tapi lari dari topik sedikit nih yeyy…
    #gubrakkk
    jiaaahhh, gara-gara cerita eonnie tentang Kyuhyun jatuh cinta sama pegawai rumah sakit ituh, akuh jadi teringat kembali waktu nonton Strong Heart…
    akumah saat dia nyeritain ituh akuh senyum2 ajah, apalagi ngeliat ekspresi mukanya pas lagi cerita..
    hahhahahhaha

  2. hmm….
    stelah baca nih trik… ku semakin sadar…

    “AKU BENAR-BENAR ORANG YANG GAK TAU APA-APA…!!”

    hwaaaaa…(*glundung2 seperti biasa d lantai kamar kos..)

    pas baca penjelasan d atas itu, aku manggut”, trus ketawa”, dan akhirnya bilang ‘Ooo.. gtu..’
    dan ketika udah baca sampek bawah, aku lngsung merenung….
    ‘GILA…!! ternyata ilmuku masih cetek banget…’

    alhamdulillah sy bertemu dengan anda sensei…(*memeluk kaki admin kayak kucing nempel di kaki)
    makasih bnyak ilmunya fidahusnie sensei …. >_< semoga ilmunya manfaat..

    *kabur ke genteng kos, nyari ide… kali ja da yang nyangkut…hehehe…

Leave a Reply

