Trik Nulis FF (1)

Hmm… karena kemaren ada yang minta agar Triknya dijadikan Note, maka sekarang saya share deh Note-nya… Oke, bagaimana sih caranya nulis FF?

Langsung ja ya:

Trik pertama: tentukan panjang FF yg akan kamu tulis, drabble-kah? oneshot? atw series…

nah.. setelah itu ada beberapa hal yg mesti km perhatikan:

untuk Oneshot atw drabble dan yg pendek2, pastikan tidak memakai narasi yg panjang dan berbelit karena space-nya yg terbatas sebagaimana cerpen yg harus habis dibaca sekali duduk. yg harus dijelaskan adlh karakter, profesi, dan lokasi cerita…

Ff yg baik adalah FF yg bisa menjelaskan karakter cast bukan hanya lewat narasi, namun melalui dialog, karena apa?

kata2 dalam dialog bicara lebih jelas daripada narasi yg panjang…

untuk serial, km bisa lebih bebas menjelaskan narasi dan perkembangan plot… km bisa cerita banyak kejadian dalam part2, karena itu kalo km berencana bikin banyak kejadian, serial akan lebih sesuai,

selanjutnya,trik kedua:

setelah mennetukan panjang FF, tentukan genre. kalo km memmutuskan memakai genre romance, dari awal pakailah bahasa yg normal dan penuh ‘feeling’. maksudnya penuh feeling disini adalah: perasaan Cast diungkapkan dengan jelas, misalnya: memakai dialog langsung dengan cast lain, atw memakai dialog batin. hal ini membantu reader memahami perasaan Cast-nya dan memunculkan kesan romantis. ..

untuk genre Comedy: km bisa bermain kata2 yg penuh hiperbolik atw gak nyambung dan silahkan memakai istilah2 baru yg aneh…atw km bisa pilih genre campuran. untuk genre cmpuran, kasih space: kalo adegan romantis, bikin suasananya romantis, lo suasananya lg g tegang sisipkan sedikit comedy..

ingat, sesuaikan genre yg km pilih dgn kepribadian Cast…

trik ketiga: membuat kerangka cerita…ada beberapa author yg make sistem Mind Map alias Peta pikiran, ada juga yg g pake oret2an tp lgsung nulis. yg bagus gmana? kalo blum biasa nulis: silahkan diurutkan dulu adegannya dlm catatan kasar.. agar ceritanya nyambung dan tdk loncat2. kalo udh biasa, silahkan lgsung nulis..

biasanya mslah yg paling sering trjadi adalah: macet di tengah. nah, pemetaan alur cerita ini akan membantu km tdk macet di tengah, krna km sdh punya jadwal peristiwa yg bakal terjadi selanjutnya..

Trik keempat: setelah membuat kerangka cerita, hal yg perlu dilakukan stelahnya tentunya adlh: mulai MENULIS… biasanya hal yg lazim kita jumpai saat mulai menulis, adlh keraguan apakah pembaca paham atau tidak dgn yg kita deskripsikan, maka, gunakan kata yang ringan, jelaskan seperlunya waktu kejadian, lokasi dan perasaan Cast.

untuk mengetes apakha deskripsi kita sdh ckup baik, baca lagi naskah FF stlh ditulis dan minta tman trdekat untk ikut berkomentar. ingat, tiap ada dialog antar Cast, gunakan deskripsi apa yg mereka lakukan sambil bicara. mengapa? agar pembaca bisa ‘melihat’ kira2 adegannya bagaimana, dengan begitu, naskah FF kita akan berputar layaknya roll film, dan pembaca akan memahami sekaligus merasakan konflik dgn mudah. menulis berarti membuat pembaca melihat.

perhatikan:

“G-Gumawo.” Ujar gain, tersenyum memperhatikan bunga pemberian siwon.

Siwon balas tersenyum. “Kamu ada…” Kata-kata siwon tergantung karna sebuah suara dari dalam keburu menyahut,“Yak! Han Gain. Kemana celana dalamku yang kau lemparkan semalam?” Donghae berteriak dari arah belakang tanpa tau ada seseorang yang mendengar nya selain gain. Gain melotot, siwon lebih lagi. Jantungnya berdetak cepat dan seluruh darah ditubuhnya terasa naik ke atas kepala.(ISMH: Flameunrii)

Bisa km bayangkan situasinya? Nah, beginilah cara mendeskripsikan peristiwa dalam FF. Ringan-ringan saja, yang penting detail peristiwa bisa dibayangkan pembacanya dgn mudah… Pembaca akan merasa sprt menonton Film, dan hasilnya, pembaca akan sulit merasa bosan,

trobel lain yg sering terjadi dlm menulis FF adalah ‘stuck’ alias macet atw ngadat. ini bisa trjadi krn dua hal: 1. tidak tw peristiwa apa yg akan trjadi selanjutnya atw 2. kesulitan memilih kosa kata dlm mnjelaskan peristiwa selanjutnya. trobel 1 biasanya trjd pd serial, krn si author blm punya kerangka cerita/plotnya blm matang. solusinya?

Refresh your mind. tinggalkan laptopmu. lupakan FFmu dan refreshing. biasanya selang beberapa hari, ide akan dtang dgn sndirinya. Ide tdk bisa dipaksa, dn memaksa meneruskan menulis akan berakibat fatal bg kualitas ceritamu…

trobel kedua alias kesulita memili kosa kata bisa diatasi dgn membaca dan mengamati FF Favorit km, kombinasikan gaya bahasa Autho2 favorit km dn cobalah mnulis..untk menemukan gaya bahasa km, dibutuhkan proses, dn proses itu akan maksimal kalo km dpt masukan yg maksimal jg dgn membaca FF author lain sambil terus brlatih mnulis..

kali ini, admin pngen kamu semua membandingkan 4 gaya bahasa author buat pmbelajaran penataan narasi dlm FF, oke kita mulai dgn Mandamando dgn Kyu-Jinnya, sudah pd tau kan? let’s go…

Aku menekan bel dan tak lama Eunhyuk oppa membuka pintu dan memasang muka ramah yang menyebalkan. Kesambet apa dia?. “Kenapa tampangmu seperti itu? menyeramkan!”, ucapku datar lalu duduk di sofa ruang tamu. “Aissh~ ini adalah muka ramah penuh kehangatan seorang Lee Hyukjae, bersyukurlah karena kau bisa melihatnya!” . Aku menatap Eunhyuk oppa yang sekarang sedang asik dengan ponselnya dan Donghae oppa yang sedang asik dengan kamera barunya bergantian, lalu dimana si bodoh itu hah?(Drabble KyuJin: Mandamando)

Manda dikenal sbg Author FF Comedy-Romance lewat Kyujin-nya. Apa istimewanya Narasi Manda? Yupz.. km benar.. Narasi Manda sangat powerful, penuh emosi, kosakatanya ceria dan to the point. Membaca FF Manda membuat Mood membaik, karena narasinya yg asyik, buat yg hobi bikin FF Comedy, FF Manda wajib diamati…

Selanjutnya FF Mystery karya Lee Nayoung atw Soenrim: Abducted. Soeunrim sangat mahir memakai kata2 sederhana mnjd kata2 yg misterius. kata2 yg dipakai sebenarnya biasa, namun Soeunrim mampu menyisipkan ‘aura dingin’ dlm FFnya yg kemudian membuat FFnya bnr2 misterius dan sulit ditebak. Aura dingin itu dibentuk dgn tidak memasukkan emosi dlm narasinya. coba simak..

Tiba-tiba, tanpa kuduga, ia berdiri begitu saja, berbicara pada pak polisi sambil tersenyum. Tidak lama kemudian, kedua polisi itu pamit padaku dan meninggalkan aku sendirian di ruang tamu mewah itu sendirian bersama cowok bermata dingin itu, dan kedua adiknya.Mereka bertiga sama-sama memandangku. Aku merasa terpojok, merasa sofa di rumah itu yang kududuki besar sekali.(Abducted: Soeunrim: Nayoung lee)

Author slanjutnya adlh Patut dgn NKBDnya: yups… FF yg sdang booming akhir ini karena efek romantisnya yg luar biasa.. Patut/Santa mahir menggunakan bahasa sehari-hari dalam FFnya mnjd FF yg penuh Feeling. walaupun sbenarnya adegan yg diceritakannya adl adegan biasa, namun dgn narasi yg penuh perasaan, FF ini bnr2 brhasil mengaduk-aduk emosi Reader..

“Kita sudah bisa tidur sekarang kan? Aku jangan diliatin terus seperti tadi.. Badan ku sakit semua. Kita bangun agak siang besok ya”. Kepalaku mendongak agar bisa melihat wajahnya dan ingin bilang iya, tapi yang kelihatan di depan wajahku sekarang hanya dagu nya dan juga jakun nya yang bergerak pelan di leher nya. Hawa hangat lehernya terasa di jidatku. Apa kami sedang berpelukan? Bukan, Dia yang sedang memeluk ku. Lalu kenapa aku tersenyum? (Not K but D: Patut Santa)

untuk FF slanjutnya: karya Dhe Saranghamnida: FF yg ditulis dgn POV dr authornya namun tetap emosional. pemilihan katanya sederhana, namun sekali lagi, Deskripsi emosi tiap Cast yg mendetail membuat FF ini sangat menyentuh, sekalipun genre FFnya tdk melulu soal cinta, Dhe brhasil membuat Reader tersentuh dgn Konflik yg terjadi.

Mianhae. Bahkan untuk mengucapkan kata maaf itu terasa sangat sulit. Lidah Minjee terasa kelu seketika ia mengetahui itu. hatinya takut, semakin dilanda khawatir. Takut kehilangan Minhyuk, takut Minhyuk membencinya, takut akan kesalahannya sendiri. Lebih merasa bersalah dari sebelumnya, lebih hancur dari sebelumnya. Lebih takut dari sebelumnya.(Useobwa Minhyuk: Dhe Saranghamnida)

Nah… Nah.. sekarang ada sdikit referensi tntg Ff dgn berbagai genre-nya kan? prhatikan perbedaan pnggunaan bahasa untk tiap genre… Ternyata kosa kata yg sederhana bisa berubah mnjd rangkaian kata2 yg emosional…

trik keenam: menghias FF! nah, sekarang mari kita belajar menghias FF kita. ada empat trik untk membuat FF kita menarik dan asyik, yg prtama: sisipkan Quote (kata2 bijak yg sesuai dgn konflik FF), sisipkan kata romantis, sisipkan narasi yg unik, dan sisipkan dialog humor.

Biar gampang, kita liat contohnya,

1. Quote: jika kau mencintai seseorang, katakanlah. Walaupun dengan dua kemungkinan, perasaanmu di terima atau perasaanmu di tolak. Itu lebih baik daripada memendam perasaan dengan satu kemungkinan, kau tidak akan pernah mengetahui perasaan sebenarnya dari orang yang kau cintai itu..(Ummi Nur Afinni: Shin Eunki in Unspoken Word)

Quote bisa disisipkan dmana saja. Quote bisa ditaroh di prolog atw epilog atw ditengah saat ada konflik. Mengapa pnting? selain ada nilai moralnya, Quote membuat FF kita brkesan, krn ada plajaran moral dari FF yg kita buat.. jd FF kita g cm berakhir sbg camilan, tp jg sbg pmbelajaran..

yg kedua: Kata2 romantis. Jgn salah, kata2 romantis sangat dibutuhkan di semua genre FF, mngapa? krn rata2 pembaca adlh Yeoja yg hatinya slembut kapas dn dipenuhi keinginan untk disayang2 (jjyah,, eunjo lebay). Kata2 romantis membuat ‘feel’ FF kita smakin berasa… Ngh.. Cekidot…

“Oppa…” aku memanggilnya lirih.“Hmm…” ia berdehem.“Aku menyukainya…”. Aku menghela nafas berat, namun dia tak bergeming. Masih memelukku. “Oppa… berhentilah bersikap terlalu baik padaku… Aku menyukainya Oppa… Aku sa-“ ia membekap mulutku dengan tangannya. Wajahnya basah. Ia terisak.“Jangan katakan lagi… Aku sudah tahu…. Kumohon jangan katakan lagi, Itu menyakitkan,” katanya sambil memelukku lebih erat.(HOG 13:Haidar Fikri)

selanjutnya adlh: Narasi Unik. maksudnya ap? narasi yg unik adlh dskripsi tokoh/lokasi/emosi dgn bahasa yg unik, emh? kayak apa ya kira2? liat deh…

Apa benar itu Cho Kyuhyun?Mataku melebar melihatnya. Ia memakai kaos hitam dan jaket tiga perempat. Rambut gurita gorengnya –maksudku rambutnya yang setengah keriting dan berwarna kuning-kuning coklat seperti kotoran manusia itu- diluruskan dan dicat hitam pekat. Bagaimana bisa dia …-aku alergi harus bilang begini- seganteng itu? kemana perginya wajah ahjussi yang setiap hari menempel di mukanya?(HOG 4: Haidar Fikri)

yg terakhir adl dialog Humor: Ini penting! sekali lg sangat penting! terserah dialognya diungkapkan dgn nada datar atw pnuh Capslock, tp yg jelas dialog humor membuat Reader bertahan membaca smpek akhir, percaya kan?

“Cho Minho……Aku Lapaaaaaaar….” Kali ini aku mengucapkannya lebih panjang. .“Makanlah…” jawabnya singkat. Matanya masih menatap Layar TV.“Makan apa?” tanyaku agak bersemangat karena dia menjawab keluhanku.“Kau bisa makan meja didepanmu…” jawabnya datar.Hyak….“Aku ingin makanan yang enak…” kataku tak menggubris kata-katanya.“Kau bisa makan kursinya kalau masih belum kenyang…” lanjutnya tanpa ekspresi.(HOG 11: Haidar Fikri)

Sampek disini dulu ya, besok diterusin lagi, kalo ada yg mau ditanyakan, silahkan tanya.. gak usah sungkan.. hehehehe…

Ffuhh.. Fffuhh.. Ffuhhh..

Semoga membantu!

8 thoughts on “Trik Nulis FF (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s